KLASIFIKASI STEERING SYSTEM
KOMATSU
1. LINKAGE DAN ROD SYSTEM
Steering tipe ini yang dibelokkan adalah roda depan ( truck, motor graderatau roda belakang / forklift ).
A. MECHANICAL
Gearbox Mechanism
Cara kerja :
Pada saat steering wheel diputar, maka worm shaft akan ikut
berputar.Dengan berputarnya shaft maka ball nut assy bergerak ke atas
atau kebawah, tergantung kepada arah putaran steering wheel.
Apabila ball nut bergerak maka selector shaft akan berputar sehingga
pitman arm akan bergerak .
B. SEMI HYDRAULIC
Steering tipe ini mekanisme pergerakkan dibantu dengan tenga hydraulic
sehingga operator akan menjadi lebih ringan pada saat memutar steering
wheel.
Apabila ball nut bergerak maka selector sahaft akan berputar sehingga
pitman arm akan bergerak.
Pada semi hydraulic tipe ini diklasifikasikan :
a. Tipe semi integral
b. Tipe integral
c. Tipe Combine
a. Tipe semi Integral
Pada tipe semi integral di dalam gear box terdapat directional control valve
untuk mengarahkan aliran oil dari pump ke cylinder ( sisi head atau sisi
bottom ). Sedangkan drag link yang dipasang pada rod cylinder dan piton
arm, berfungsi untuk mentralkan kembali directional control valve
( proposional ), agar cylinder tidak terus disupply oil dari pump ke cylinder
pada saat gerakan steering wheel dihentikan.
b. Tipe integral
Pada steering sistem tipe integral, gear box assy terdiri atas komponen
directional control valve ( control valve assembly ), piston dan gear box
( power cylinder assembly )
c. Tipe combined
Pada tipe combined, directional valve terpasang pada cylinder. Gear box
dipakai untuk mengerahkan pitman arm selanjutnyua pitman arm dipakai
untuk menggerakkan directional control valve yang terletak pada hydraulic
cylinder.
No comments:
Post a Comment