STRUKTUR CYLINDER BLOCK.
Cylinder block sebagai pemegang atau kedudukan komponen
utama yang bergerak seperti piston, connecting rod, crank
shaft, cam shaft dan lain - lainnya. Cylinder block baru bisa
dikatakan engine bila dikombinasikankan dengan cylinder
head pada bagian atas block dan oil pan pada bagian bawah
block, timing gear, gear case, fly wheel dan housing pada
bagian belakang block.
Saluran oil pelumas dan saluran air pendingin juga dilengkapi
di dalam cylinder block.
Cylinder liner terpasang di dalam lubang cylinder block
sebagai penuntun pergerakan piston. Hampir
seluruh cylinder liner dikelilingi air pendingin.
Cylinder liner diklasifikasikan dalam dua type :
1. Wet type ( langsung didinginkan dengan air ).
2. Dry type ( tidak langsung didinginkan dengan air ).
Wet type liner, efesiensi pendinginan lebih tinggi dibanding
dengan dry type liner. Dan wet type lebih banyak dipakai pada
diesel engine.
Pemindahan panas rata - rata pada air dan udara.
Air = 4500 kca/m2 x h C.
Udara = 150 kca/m2 x h C.
E. CYLINDER LINER
1. Fungsi dari Cylinder Liner.
Cylinder liner sebagai komponen dari combustion chamber
dan sering berhubungan dengan tekanan tinggi. Juga sering
mengalami beban gesek yang tinggi disebabkan gerak naik
turun piston.
Selain kuat dan kukuh cylinder liner harus tahan terhadap
temperatur tinggi, tidak mudah aus mampu menerima gaya
yang besar dari piston.
Cylinder liner harus berukuran yang pas denan piston dan ring
piston untuk mengurangi hambatan gesekan yang terjadi
antara piston, ring piston dan liner.
Selanjunya yang dibutuhkan liner, mempunyai kemampuan
menyerap panas dan dengan cepat mentransfer seluruh
panas dari permukaan dalam kepermukaaan luar liner. Dan
tahan terhadp karat pada permukaan yang berhubungan
dengan air pendingin.
Keuntungan dipasangnya liner pada block tidak perlu lagi
cylinder block dibuat dari bahan special yang dibutuhkan liner.
Memperbesar liner sampai oversize pertama adalah tidak
dianjurkan, karena tidak diperlukan mesin special treatment
untuk memperbaiki permukaan yang sudah rusak.
Untuk menjamin efisiensi pendingin yang tinggi, ketebalan
liner lebih kurang 5 - 10mm.
No comments:
Post a Comment