Sunday 17 January 2016

SYSTEM HYDROULIC KOMATSU / HYDDROLIK SISTEM KOMATSU

POMPA HIDROLIK ( HYDRAULIC PUMP ).

Semua pompa menimbulkan aliran ( flow ). Prinsipnya operasinya disebut 
“ DISPLACEMENT  “ dimana zat cair atau fluida diambil dan dipindahkan ke 
tempat lain. Secara umum pompa mengubah tenaga mechanical menjadi tenaga 
fluida hidrolik. Sedangkan yang dimaksud dengan DISPLACEMENT adalah 
volume zat cair yang dipindahkan tiap cycle ( putaran ) dari pompa.

1. Klasifikasi Pompa.

Pada dasarnya [pompa hirolik diklasifikasikan menjadi :

a. Non positive displacement

Yang dimaksud dengan pompa NON POSITIVE DISPLACEMENT ialah bila 
pompa mempunyai karakteristik :
1. Internal leakage besar.
2. Perubahan tekanan mempunyai pengaruh yang besar terhadap 
kapasitasnya.

b. Positive displacement.

Yang dimaksud dengan pompa POSITIVE DISPLACEMENT ialah bila 
pompa mempunyai karakteristik :
  • Internal leakage kecil ( untuk mendapatkan ini dibuat SEAL atau presisi ).
  • Perubahan tekanan berpengaruh kecil terhadap kapasitasnya ( dengan dibuatnya presisi / SEAL, akan melawan kebocoran pada saat tekanan naik ).

2. Jenis – Jenis Pompa Positive Displacement.

Secara umum pompa hidrolik dibagi menjadi dua tipe.

~ Fixed Displacement Pumps.

Artinya setiap putaran pompa menghasilkan volume oli yang sama dan tidak 
dapat dirubah - rubah

~ Variable Displacement Pumps.


Artinya volume yang dihasilkan setiap putaran pompa ( cycle ) divariasikan

a. Gear Pumps.

Pompa roda gigi ( gear pump ) banyak sekali dipergunakan pada sistem 
karena pompa ini sangat sederhana dan ekonomis. Pompa ini tergolong 
pompa fixed displacement.
Gear pump digolongkan menjadi dua yaitu :
1. Internal Gear Pump.
Konstruksi internal gear pump atau trochoid pump

2. External Gear Pump.

Untuk unit - unit Komatsu sistem hidroliknya banyak memakai jenis 
external gear pump ini. Konstruksi external gear pumpSecara garis besar, external gear pump dapat dibagi dalam dua jenis :

~ Fixed Side Plate Type Gear Pumps.
Side plate pompa ini tidak dapat bergeser-geser. Kontruksinya ada 
yang jadi satu dengan housing, dan ada pula yang terpisah tetapi di 
ikat terhadap housingnya. Pompa ini mempunyai discharge pressure 
antara 30 Kg/Cm2 sampai dengan 125 Kg/Cm2. Komatsu menamakan 
pompa jenis ini tipe FAL/R dan GAL/R.

~ Movable Side Plate Type ( Pressure Balancing Type Gear Pumps ).
Side plate pompa ini dapat bergeser semakin menjepit gear bila 
tekanan naik. Dengan demikian maka internal leakage diperkecil sebab 
side clearance juga kecil. Specific Discharge Pressurenya lebih besar 
dari 140 Kg/Cm2.

Gear pump yang dipergunakan dalam unit-unit Komatsu berbeda-beda 
jenisnya disesuaikan dengan fungsinya. Untuk itulah maka external gear 
pumps diklasifikasikan dalam 5 ( lima ) jenis yaitu :
‡FAL/R dengan tekanan 30 Kg/Cm2
‡GAL/R dengan tekanan 125 Kg/Cm2
‡PAL/R dengan tekanan 140 Kg/Cm2
‡KAL/R dengan tekanan 175 Kg/Cm2
‡SAL/R dengan tekanan 210 Kg/Cm

internal oil leakage pada external gear pump.

Kebocoran oli dari tempat bertekanan tinggi ke tempat yang mempunyai 
tekanan rendah kebocoran ini melalui gap atau clearance. Pada pompa roda 
gigi (gear pump) pasti ada clearance yakni antara roda gigi dengan case, 
antara gear dan side plate yang memungkinkan oli bocor dan ini juga
dimanfaatkan untuk pelumasan.
Gambar di bawah ini menunjukkan tempat-tempat yang memungkinkan oli 
bocor. Kebocoran oli ini menyebabkan jumlah cli yang di delivery berkurang. 
Semakin tinggi tekanan discharge, semakin banyak oli yang bocor. Semakin 
besar clearance juga menyebabkan semakin banyaknya oh yang bocor. 
Demikian pula bila oli yang digunakan terlalu encer.
Adapun sumber internal leakage tersebut adalah
~ Antara ujung gigi dengan rumahnya, disebut top clearance. 
~ Antara sisi gigi dengan sisi plat, disebut side clearance.
~ Antara gigi yang satu dengan gigi lainya, disebut backlash.
Berdasarkan Internal leakage tersebut dan berdasarkan konstruksinya, maka 
eksternal gear pump digolongkan menjadi dua yaitu

Fixed side plate gear pump.

Pompa )enis ini mempunyai tekanan antara 30 s/d 125 Kg / cm2, dan
volumetric eficiency 75% s/d 80%.
8Pressure Balancing Type gear pump.
Pompa jenis ini direncanakan untuk tekanan tinggi ( lebih dari 140 Kg/cm2 ).
Dengan menggunakan side plate untuk mengurangi side clearancenya. 
Adapun. volumetric eficiency pompa jenis ini adalah 93% pada maksimum 
rpm dan sekitar 88% pada setengah maksimum Rpm dengan tekanan yang 
maksimum. Terjadinya perubahan clearance disebabkan oleh gaya pendorong gigi gear pump. 
Gaya yang mendorong gear pump :
Pada gambar dibawah ini ditunjukkan arah gaya-gaya yang mendorong gigi-gigi gear pump. Dimana gaya yang terjadi adalah pa a sisi discharge dan akan memaksa gigi bertahan ke sisi suction.

V groove.
Agar pompa tahan lama, maka gaya dorong di sisi discharge tersebut harus 
diimbangi dengan gaya dorong lain yang berlawanan. Untuk keperluan mi ada 
beberapa jalan yang ditempuh antara lain V groove, balancing line dsb

High pressure oil introduction hole.
Selain gaya tersebut, juga diperlukan gaya pada bagian belakang pompa untuk 
menekan bushing agar side clearance thdak membesar pada saat tekanan 
tinggi di sisi discharge. Hal ini dilakukan dengan menyalurkan oli yang 
bertekanan tinggi di sisi discharge ke cover untuk mendorong bushing atau 
side plate. Nama saluran ini adalah High pressure oil introduction hole. Bagian 
yang perlu tekanan terbesar adalah sisi output pada bushing, sedang sisi 
suction kecil saja untuk menyalurkan balancing pressure.

Entrapment relief groove.
Sewaktu gigi - gigi pompa bertemu ( mesh ), ada sebagian oli yang terjebak di 
sela - sela gigi pompa. Ketika ruangannya menyempit dan oli terjebak di sela -selanya akan menyebabkan tekanan naik. Tekanan tinggi ini akan mendorong 
gigi - gigi pompa dan merusak bagian - bagian pompa. Untuk melepaskan 
tekanan ini dibuatlah entrapment relief groove yang terdapat pada side plate 
atau pada bushing. Ada juga yang menyebut entrapment relief groove ini 
sebagai relief notch.

b. Piston Pumps.

Piston pump sering sekali dipakai pada sistem hidrolik yang modern, dimana 
digunakan kecepatan tinggi ( high speeds ) dan tekanan tinggi ( high 
pressure ). Bagaimanapun, piston pumps adalah lebih rumit dan lebih mahal 
dibandingkan pompa hidrolik lainnya. Piston dapat direncanakan fixed atau 
variable displacement. Pada dasarnya piston dibagi dalam dua type yaitu 
axial piston pumps dan radial piston pump.

1. Axial Piston Pumps.
Axial piston pumps artinya ; Piston dipasang berbaris parallel ( in lines
parallel ) dengan shaft pompa ( pump’s axis ). Berdasarkan
konstruksinya, axial piston pump dibagi menjadi dua yaitu : 

a. In line axial piston. 
In line axial piston berdasarkan terjadinya dibagi menjadi dua type :

~ In Line Axial Piston Variable Displacement Pumps. 
Pada pompa tipe ini langkah piston dapat berubah, karena SWASH 
PLATE dimana piston ditumpu, dapat bergerak sehingga menentukan 
langkah piston. Dengan demikian pompa ini dapat dikategorikan 
pompa positive variable displacement.

~ In Line Axial Piston Pump - Fixed Displacement. 
Pompa axial tipe ini kemiringan swash plate dibuat tetap ( fixed ), 
sehingga langkah piston selalu tetap. Dengan demikian konstruksi 
pompa lebih sederhana, karena tidak dilengkapi SERVO DIVICE ( alat 
yang mengatur sudut swash plate ).

~ Bent - Axis Axial Piston Pump.
Konstruksi pompa ini sudah dibikin menyudut sedemikian rupa dan 
sudutnya tetap, maka digolongkan ke dalam pompa Fixed 
Displacement.

2. Radial Piston Pump.

Radial piston pump mudah dibuat dibandingkan dari semua pompa -pompa lainnya. Pompa ini bisa direncanakan tekanan tinggi, volume yang 
besar, kecepatan tinggi dan variable displacement. Radial piston pump 
dibuat dalam dua cara  :

a. Radial Piston Pump - Rotating Cam.
Pompa tipe ini, untuk mendapatkan langkah piston, cam yang diputar

b. Radial Piston Pump - Rotating Piston Type.
Radial piston pump rotating piston type adalah pompa piston yang 
pistonnya diputar oleh drive shaft, sedangkan cam-nya tetap ( tidak 
berputar ).

c. Vane Pump.

Vane pump digolongkan menjadi 2 ( dua ) yaitu :
  • ‡Balanced vane pump.
  • ‡Unbalanced vane pump

1 comment:

  1. ABER Hidrolik Made in Portugal, COCOK untuk WING BOX, DUMP TRUCK, CRANE, dan ALAT-ALAT INDUSTRI. Pemasangan yang Mudah dan TOP Kualitas menjadikan ABER hidrolik yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda.

    Contact Person : 081283223090
    ABER@densuko.co.id


    !!Kualitas Pompa yang Baik Menentukan Produktivitas Anda!!
    ganti ABER sekarang

    ABER Ready Stok!

    - Pompa Hidrolik
    - Motor Hidrolik
    - Power Take Off (PTO)
    - Klep Hidrolik
    - Pneumatic/Mekanik Kontrol
    - Hidrolik Dumptruk
    - Power Pack Hidrolik
    - Tangki Oli Hidrolik
    - Wet Kits
    - Aksesoris Hidrolik

    visit out website @ http://aber.co.id

    ReplyDelete