Saturday 16 January 2016

FUEL SYSTEM / SISTEM BAHAN BAKAR

Aliran Fuel Melalui Sistim Fuel 

Aliran Fuel melalui Sistim Fuel Motor Bensin

Gambar 43 telah diberi nomer 1 sampai 4 untuk menunjukkan aliran fuel melalui sistim fuel motor bensin, Kita akan mengikuti aliran melalui masing-masing komponen pada sistim fuel.
1.      Ketika mesin di-start fuel diambil dari fuel tank dan mengalir melalui fuel filter melalui fuel pipelines.
2.      Fuel filter menghilangkan partikel kotoran dan air embun dari fuel sebelum mengalir menuju fuel pump.
3.      Fuel pump menciptakan area bertekanan rendah yang menyebabkan fuel mengalir dari fuel tank melalui fuel filter dan menuju ke transfer pump.  Pompa juga menciptakan tekanan pada sisi outlet untuk mendorong fuel ke carburettor. 
Carburettor memecah fuel kedalam butiran-butiran kecil, mencapurnya dengan udara, dan mengalirkannya melalui inlet manifold menuju silinder

Aliran Fuel melalui Sistim Fuel Motor Diesel

Gambar 44 telah diberi nomer dari 1 sampai 8 untuk menunjukkan aliran Oli melalui system fuel motor diesel , Kita akan mengikuti aliran melalui masing-masing komponen pada sistim Fuel.
1.      Ketika mesin di-start , fuel diambil dari fuel tank dan mengalir ke primary fuel filter.
2.      Primary fuel filter menghilangkan partikel kotoran yang besar dan air embun dari fuel sebelum mengalir menuju fuel transfer pump.
3.      Fuel transfer pump menciptakan area bertekanan rendah yang menyebabkan fuel mengalir dari fuel tank melalui primary fuel filter dan menuju ke transfer pump. Pompa juga menciptakan tekanan pada sisi outlet untuk mendorong fuel melalui secondary filter menuju fuel injection pump. 
4.      Secondary filter menghilangkan partikel kotoran yang halus sebelum aliran fuel mengalir menuju fuel injection pump.
5.      Pada fuel manifold beberapa fuel dibiarkan mengalir kembali ke fuel tank untuk membantu pendinginan.
6.      Fuel return line membawa fuel dari fuel manifold dan fuel injection pump kembali menuju fuel tank.
7.      Fuel injection pump menerima fuel pada tekanan rendah dari transfer pump dan mensuplainya pada tekanan tinggi menuju fuel injector.
8.      Aliran Fuel menuju injectors Pada tekanan tinggi dan disemprotkan ke dalam ruang pembakaran dimana bercampur dengan udara dan terbakar.


No comments:

Post a Comment