Wednesday 13 January 2016

LUBRICATING SYSTEM / PELUMASAN ENGINE KOMATSU

LUBRICATING SYSTEM


Beberapa engine tidak dilengkapi dengan scavenging pump, 
regulator valve dan by pass filter. Dan ada beberapa engine lainnya 
dilengkapi dengan piston cooling nozzle.  

Pelumasan di engine sangat diperlukan, karena berfungsi untuk 
melumasi   komponen - komponen yang bergesakan. Tujuannnya 
adalh untuk mempertahan umur dan daya tahan komponen sesuai 
dengan umur ekonomisnya.  

Aliran Oli. 

  Oli di dalam oil pan mengalir melalui strainer yang menyaring 
debu - debu kasar dan partikel lainnya.  

  Oil pump yang diputar oleh gear ( timing gear ), mengalirkan 
oil dengan tekanan ke sistemnya.  

  Oil dikirimkan oleh oil pump, didinginkan terlebih dulu oleh oil 
cooler sebelum sampai ke filter oil.  

  Oil yang disaring oleh oil filter mengalir melalui saluran utama 
( main gallery ) di dalam silinder block ke permukaan 
komponen - komponen yang bergesekan.  
Oil pelumas di oil pan secara normal mengalir melalui oil 
pump dan oil filter ke berbagai macam komponen dalam. Dengan 
adanya tambahan   bypass filter sirkuit. Oil terjaga bersih dan 
memperkecil kebuntuan filter oil.  

Engine Komatsu membagi dua tipe yaitu : 


* Full flow type  :    Membawa seluruh aliran oil ke komponen   
                              dalam melalui filter oil dan full flow.  

* Kombinasi bypass type : Mengembalikan sebagian oil yang    
             dikirim dari oil pump ke oil pan.  

Katup Pengatur. 


Fungsi  : -  Mengatur tekanan oil di dalam sistem. 
-  Membatasi tekanan oil di dalam sistem.

REGULATOR VALVE 


Funsinya :  Mengatur tekanan dan Flow oil yang mengalir 
di sistim pelumasan 

2. Oil Pump. 



Oil pump yang paling banyak digunakan utuk engine adalah 
tipe external gear atau type trochoid pump. Tekanan oil 
pelumasan di engine berkisar antara 3 - 6 kg/cm2 selama 
pengoperasian engine dalam batas normal. Debit oil pan yang 
disuplai ke sistem berkisar 50 - 300 ltr/menit. Walupun 
kebutuhan debit oil masing - masing engine bervariasi.  

a.  Gear pump 




3.  Filter ( Full Flow Filter )


a. Fungsi. 
       
Oil engine digunakan untuk pelumasan, pembersihan dan 
pendinginan komponen - komponen dalam dan oil tersebut kembali 
ke oil pan. Oil yang bersikulasi tersebut, secara bertahap menjadi 
kotor karena membawa partikel - partikel komponen yang 
bergesekan.  

Jika kotoran kotoran tersebut ikut bersama oil ke komponen 
komponen  bagian dalam, maka komponen - komponen tersebut 
semakin cepat aus. Untuk menjaga hal tersebut diatas, maka pada 
sistem tersebut diberi filter, agar kotoran kotoran tersebut dapat 
disaring dan oil yang bersikulasi tetap bersih.  
   
Ada 2 macam oil filter, yaitu : 

1.   -    Cartridge type, elemen kertas menjadi satu dengan   
              rumahnya. 
     -   Cartridge type with safety valve. 
2.  The hanging type, elemen kertas terpisah dengan 
rumahnya.  

b. Penangan filter. 
       
Oil filter secara bertahap akan mengalami kebuntuan oleh partikel 
asing dan kotoran - kotoran yang  bersama - sama oil bersikulasi. 
Kecepatan  kebuntuan filter, tergantung cara penanganan oilnya. 
Karena itu, maka element filter harus diganti secara berkala sesuai 
dengan operation dan maintenance manual.  

4. Bypass Filter. 


Fungsinya adalah untuk menyaring oil dari oil pan agar tetap bersih 
dan mencegah oil filter cepat buntu. Struktur bypass filter adalah 
sama dengan oil filter dan ukurannya lebih besar. 


5. Oil Cooler.




 

No comments:

Post a Comment