Saturday 16 January 2016

STEERING KOMATSU

KLASIFIKASI STEERING SYSTEM 

KOMATSU



1. LINKAGE DAN ROD SYSTEM 

Steering tipe ini yang dibelokkan adalah roda depan ( truck, motor grader
atau roda belakang / forklift ).

A. MECHANICAL

Gearbox Mechanism

Cara kerja : 
Pada saat steering wheel diputar, maka worm shaft akan ikut 
berputar.Dengan berputarnya shaft maka ball nut assy bergerak ke atas 
atau kebawah, tergantung kepada arah putaran steering wheel.   
Apabila ball nut bergerak maka selector shaft akan berputar sehingga 
pitman arm akan bergerak .   

B. SEMI HYDRAULIC  
Steering tipe ini mekanisme pergerakkan dibantu dengan tenga hydraulic 
sehingga operator akan menjadi lebih ringan pada saat memutar steering 
wheel.  

Apabila ball nut bergerak maka selector sahaft akan berputar sehingga 
pitman arm akan bergerak.   

Pada semi hydraulic tipe ini diklasifikasikan : 
a.  Tipe semi integral  
b.  Tipe integral  
c.  Tipe Combine  

a.  Tipe semi Integral  
Pada tipe semi integral di dalam gear box terdapat directional control valve 
untuk mengarahkan aliran oil dari pump ke cylinder ( sisi head atau sisi 
bottom ). Sedangkan drag link yang dipasang pada rod cylinder dan piton 
arm, berfungsi untuk mentralkan  kembali directional control valve 
( proposional ), agar cylinder tidak terus disupply oil dari pump ke cylinder 
pada saat gerakan steering wheel dihentikan. 

b. Tipe integral       

Pada steering sistem tipe integral, gear box assy terdiri atas komponen 
directional control valve  ( control valve assembly  ), piston dan gear box 
( power cylinder assembly )
c. Tipe combined     
Pada tipe combined, directional   valve terpasang pada cylinder. Gear box 
dipakai untuk mengerahkan pitman arm  selanjutnyua pitman arm dipakai 
untuk menggerakkan directional control valve yang terletak pada hydraulic 
cylinder. 


No comments:

Post a Comment