Tuesday 12 January 2016

Keuntungan dan Kerugian Engine 2 Langkah dan 4 Langkah.

4.  Keuntungan dan Kerugian Engine 2 Langkah dan 4 Langkah.


a.  Keuntungan engine 2 langkah : 

  Ukuran dan berat lebih kecil, dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.   Harga lebih rendah karena tidak menggunakan valve dan struktur yang lebih sederhana.   Putaran lebih halus karena ukuran flywheel lebih kecil.

b.  Kerugian engine 2 langkah adalah :  

Karena tidak menggunakan valve, maka gas pembakaran tidak terbuang seluruhnya dan menyebabkan pembakarna tidak sempurna.   Karena sebagian campuran bahan bakar dan udara, ikut keluar ( saat proses  exhaust) bersama dengan gas buang, maka penggunaan fuel tidak ekonomis.   Karena waktu yang siperlukan untuk langkah intake singkat, maka jumlah campuran yang masuk sedikit. Sehingga tidak mungkin dapat menaikkan tekanan kompresi dan efisiensi engine ( ratio fuel comsumption peroutput ) lebih rendah dibandingkan dengen engine 4 langkah.  Crank case harus rapat tidak boleh ada kebocoran udaraudara


Keuntungan motor diesel :

 1 Biaya pengoperasian lebih ekonomis, karena bahan bakar yang digunakan    adalah oil dengan “ grade “ rendah. Seperti heavy oil atau light oil.

  2 Thermal efficiency ( besarnya kalori yang terkandung pad fuel yang dibakar dapat menghasilkan output engine dan panas yang secara nyata lebih effectif ) tinggi sehingga konsumsi bahan bakar rendah.Thermal efficiency motor bensin adalah 20-30 % dan motor  diesel adalah 30 - 35 %.

  3 Bahaya kebakaran lebih rendah karena titik nyala ( flashing point ) fuel relatif lebih tinggi.

4 Tidak membutuhkan sistem penyalaan ( ignition device ) dan carburator. 5 Dapat menghasilkan tenaga yang besar pada putaran rendah.

 Kerugian motor diesel adalah 

 1. Berat output horse power lebih tinggi.
2. Getaran selama operasi lebih besar dan suara berisik (noise ) lebih   besar.
 3.“ Start “ lebih sulit.
 4.Biaya pembuatan ( manufacturing ) lebih tinggi.

1 comment:

  1. Keuntungan dan kerugian 4 langkahnya mana??gk lengkap..

    ReplyDelete