Wednesday 13 January 2016

ENGINE BLOCK KOMATSU

STRUKTUR CYLINDER BLOCK. 


  Cylinder block sebagai pemegang atau kedudukan komponen 
utama yang bergerak seperti  piston, connecting rod, crank 
shaft, cam shaft dan lain - lainnya. Cylinder block baru bisa 
dikatakan engine bila dikombinasikankan dengan cylinder 
head pada bagian atas block dan oil pan pada bagian bawah 
block, timing gear, gear case, fly wheel dan housing pada 
bagian belakang  block. 

  Saluran oil pelumas dan saluran air pendingin juga dilengkapi 
di dalam cylinder  block.  

  Cylinder liner terpasang di  dalam lubang cylinder block 
sebagai penuntun       pergerakan piston. Hampir 
seluruh cylinder liner dikelilingi air pendingin.  

Cylinder liner diklasifikasikan dalam dua type : 

    1. Wet type ( langsung didinginkan dengan air ). 
    2. Dry type ( tidak langsung didinginkan dengan air ). 

Wet type liner, efesiensi pendinginan lebih tinggi dibanding  
dengan dry type liner. Dan wet type lebih banyak dipakai pada 
diesel engine.  

   Pemindahan panas rata - rata  pada air dan udara. 
    Air     =  4500 kca/m2 x h C. 
    Udara   =  150 kca/m2 x h C. 

E.  CYLINDER LINER 


    1. Fungsi dari Cylinder Liner. 

  Cylinder liner sebagai komponen dari combustion chamber 
dan sering berhubungan dengan tekanan tinggi. Juga sering 
mengalami beban gesek yang tinggi disebabkan gerak naik 
turun piston.  

  Selain kuat dan kukuh cylinder liner harus tahan terhadap 
temperatur tinggi, tidak mudah aus mampu menerima gaya 
yang besar dari piston.  

  Cylinder liner harus berukuran yang pas denan piston dan ring 
piston untuk mengurangi hambatan gesekan yang terjadi 
antara piston, ring piston dan liner.  

  Selanjunya yang dibutuhkan liner, mempunyai kemampuan 
menyerap panas  dan dengan cepat mentransfer seluruh 
panas dari permukaan dalam kepermukaaan luar liner. Dan 
tahan terhadp karat pada permukaan yang berhubungan 
dengan air pendingin.  

  Keuntungan dipasangnya liner pada block tidak perlu lagi 
cylinder block dibuat dari bahan special yang dibutuhkan liner.  

  Memperbesar liner sampai oversize pertama adalah tidak 
dianjurkan, karena tidak diperlukan mesin special treatment 
untuk memperbaiki permukaan yang sudah rusak.  

  Untuk menjamin efisiensi pendingin yang tinggi, ketebalan 

liner lebih kurang  5 - 10mm.


No comments:

Post a Comment